5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah

Diposting pada

5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah. Beberapa bulan yang lalu, kita dikagetkan dengan peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya. Entah apapun alasannya, aksi tersebut sangat tidak bisa dibenarkan. Dunia sudah cukup mencatat bahwa teror-teror tersebut sudah cukup banyak memakan korban jiwa. Para korban pun berasal dari berbagai kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas “5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah”.

Come On!

Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah

1.Serangan Boko Haram

5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah

Kelompok Teroris Nigeria, Boko Haram melakukan pemberontakan sangat brutal di Afrika. Mereka menguasai banyak wilayah, mengancam keabsahan wilayah Nigeria, dan memulai perang dengan menargetkan negara tetangga Kamerun. Para pejabat memperkirakan sekitar tiga juta orang menjadi korban krisis kemanusiaan akibat pemberontakan lima tahun di timur laut.

Penduduk desa dipaksa bergabung jika tidak ingin dibunuh. Kelompok militan ini juga menggantungkan diri pada para penjahat dan ‘membayar mereka jika melakukan serangan. Sebagian besar milisi Boko Haram adalah dari suku Kanuri -asal pemimpin kelompok Abubakar Shekau- yang mengisyaratkan dia memiliki pengaruh terhadap penguasa tradisional di Nigeria timur laut.

2.Pembantaian Kaum Yazidi di Irak

5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah

Pada 14 Agustus 2007 terjadi penyerangan di pemukiman kelompok Yazidi yaitu kota Kahtaniya dan Jazeera yang terletak di dekat Mosul. Teroris ISIS secara sistematis telah membantai etnis Yazidi  dalam upaya untuk melakukan genozida kepada kaum yazidi. Bom bunuh diri tersebar di empat titik yang terdiri dari tiga mobil dan satu tanki bahan bakar sehingga menewaskan sekitar 500 orang dan 1500 luka-luka.

Yazidi adalah suatu kelompok etnoreligius berbahasa Kurdi di Irak yang mempraktikkan agama sinkretisme yaitu penggabungan Syiah dan Sufi Islam.

3.Bom Bali

5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah

Serangan ini terjadi pada akhir tahun 2002 dan dikenal dengan nama “Bom Bali”. Dua bom diledakkan di pusat pariwisata di Bali yaitu daerah Kuta. Bom pertama sebagai bom bunuh diri diledakkan di dalam klub malam dan bom berikutnya dengan daya lebih besar diledakkan di luar.

Ledakan ini menewaskan 202 orang yang terdiri dari 88 warga Australia, 38 warga Indonesia, 27 warga Inggris, 7 orang Amerika, 6 Swedia dan 3 warga Denmark. Beberapa waktu setelah seranga tersebut didapatkan rekaman suara Osama bin Laden yang mengatakan bahwa serangan itu adalah bentuk balasan mereka terhadap dukungan Bali ke AS dan Australia.

4.Serangan WTC, Amerika Serikat

Dunia sangat bersedih dengan serangan teror ini. Ini menjadi serangan teror paling mematikan ketika pesawat yang menampung penumpang komersial dibajak dan ditabrakan ke menara kembar WTC.  Dilansir dari beberapa sumber, korban yang tewas atas tragedi ini sebanyak 2.993 orang dan 8.900 orang terluka. Diduga serangan teror ini dilakukan oleh jaringan Al Qaeda yang dipimpin oleh Osama Bin Laden. Dari video yang beredar, beberapa orang bahkan menerjunkan dirinya dari lantai atas gedung untuk menyelamatkan diri. Namun, hingga saat ini pelaku utama serangan ini masih misterius. Banyak yang menilai bahwa konspirasi tingkat tinggi berada di balik peristiwa tersebut.

5.Mumbai-26 November 2008

Asap mengepul dari dalam gedung membuat panik orang-orang. Royal Hotel Taj Mahal menjadi target serangan dari kelompok radikal. Mereka bahkan melakukan penembakan, pengeboman, dan penyanderaan orang-orang yang berada di hotel Taj Mahal. Terjadi pertarungan sengit antara kelompok teroris dan militer yang menghabiskan waktu selama 64 jam. Pada hari yang mengerikan ini terdapat serangan lain di Mumbai, namun fokus utamanya adalah hotel tersebut. Serangan ini memakan korban jiwa sebanyak 166 orang termasuk penyerang dan melukai lebih dari 600 orang.

Baca Juga: Bagaimana ISIS Mendapatkan Banyak Mobil Toyota?

Di seluruh dunia ada ratusan hingga ribuan serangan teroris lainnya yang menyebabkan kerugian di berbagai hal. Umumnya mereka tergabung dalam kelompok ekstrimis yang memiliki tujuan tertentu. Mereka melakukan teror dengan membunuh dan menyiksa orang-orang tanpa pandang bulu entah orang itu target mereka atau bukandu

Aksi terorisme bukanlah bagian dari sebuah perjuangan membela agama. Terorisme bukanlah tujuan dari pencapaian sebuah kedamaian. Terorisme hanya meninggalkan luka yang semakin dalam bagi orang-orang yang ditinggalkan. Jika semua hal di dunia ini dibalas dengan kekejaman yang tidak berperikemanusiaan, dunia hanya akan dipenuhi oleh penjahat.

 

Nah, itulah “5 Serangan Teroris Terkejam Yang Pernah Dicatat Sejarah”. Menurut kalian serangan mana yang paling kejam? Silahkan jawab dikolom komentar ya sob!.

Sekian dari artikel saya semoga hal yang saya bagikan bermanfaat bagi kalian semua. Dan juga jika merasa bermanfaat kalian dapat bagikan artikel ini ke saudara atau teman dekat kalian.

Terimakasih.