Kelebhan dan kelemahan root android

Kelebihan dan Kelemahan Root Android

Diposting pada

Kelebihan dan kelemahan root android. Bagi kalian nggak asing dong kalo dengar yang namanya root. Kalo kalian belum tahu apa itu root, silakan baca artikel ini: Apakah root android itu?

Banyak pengguna Android yang pengen hape nya itu di root. Tapi kebanyakan dari mereka masih belum memahami arti luas root Android. Mereka pengen hape nya di root hanya ingin menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root semata.

Padahal akses root jika digunakan asal-asalan bakal jadi bahaya buat Android itu sendiri. Makanya pada artikel ini saya akan jelaskan Kelebihan dan kelemahan root android yang wajib kalian ketahui sebelum melakukan rooting ya sob.

Kelebihan dan kelemahan root android

Kelebihan Root Android

1.) Bisa menghapus Aplikasi Bawaan(Bloatware)

Salah satu dari kalian pasti pernah menemui aplikasi bawaan yang tidak berguna. Seperti GooglePlay Music, Hangouts, Google+ ,dll. Pasti kalian sebel kan, apalagi aplikasi yang nggak penting dan menumpuk di hape kalian bisa bikin hape kalian lemot ya sob.

2.) Berhak memindahkan Aplikasi ke SDCard

Mungkin beberapa dari kalian pernah memindah aplikasi ke SDCard dalam keadaan belum di root dan pasti mendapatkan pop up failure/failed. Akan tetapi jika Android kalian sudah di root, kalian bebas memindahkannya ke SDCard ya sob. Untuk memindahkannya kalian membutuhkan Aplikasi Link2SD.

3.) Baterai Lebih Awet/Hemat

Dengan akses root, kalian bisa menjadikan baterai Android kalian lebih awet dengan cara kalibrasi baterai. Cara kerjanya yaitu dengan menghapus file “batterystats.bin” dari sistem android kalian. Untuk mengkalibrasi baterai, kalian butuh aplikasi Battery Calibration.

4.) Android jauh Lebih Ngebut

Android kalian bisa jadi lebih ngebut dengan cara mengurangi konsumsi RAM. Dengan aplikasi Greenify, kalian bisa menghibernasi aplikasi yang kalian rasa belum dibutuhkan atau nggak penting.

5.) Memori Internal jauh lebih Lega

Dengan menggunakan aplikasi Link2SD, memori internal kalian lebih lega karena aplikasi tersebut dipindahkan ke SDCard.

Kelebihan dan kelemahan root android

Akan tetapi, dibalik kelebihannya tersebut juga bukan tidak mungkin ada kekurangannya ya sob.

Kekurangan Root Android

1.) Rentan terkena serangan Malware/Virus

Karena akses ke file system lebih terbuka, menjadikan sistem pertahanan Android jadi lebih rentan terkena Virus/Malware. Serangan virus ini biasanya terjadi karena menginstall aplikasi sembarangan. Jadi, buat kalian yang sudah di root hape nya, jangan download aplikasi sembarangan ya sob.

2.) Rentan terjadi Bootloop, Softbrick, Hardbrick, Error, dan rusaknya Sistem.

Pada kekurangan nomor 2 ini, buat yang hobi ngoprek Andorid sudah tidak asing dengan istilah diatas. Masalah yang sering terjadi yaitu bootloop. Salah satu penyebab bootloop yaitu karena kesalahan sistem yang diakibatkan oleh Aplikasi yang membutuhkan akses root. Jadi, kalian harus pilih-pilih Aplikasi yang benar-benar kalian butuhkan ya sob.

3.) Garansi Hilang

Salah satu konsekuen yang didapatkan kalian setelah root yaitu Garansi Hangus. Sebagian besar produsen smartphone tidak mengijinkan akses root, karena telah merubah sistem dan pengaturan yang telah mereka buat. Dan juga produsen tidak bertanggung jawab atas akibat dari root(error system maupun kerusakan komponen). Tapi jangan panik dulu, ada triknya kok yaitu dengan cara Unroot.

Baca Juga: Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Setelah kalian mengerti Kelebihan dan kelemahan root android, kalian sudah paham dampak dari root. Saya sarankan sebaiknya jangan ngeroot hape kalian jika kalian merasa performa hape kalian sudah cukup baik.

Sekian dari artikel saya semoga hal yang saya bagikan bermanfaat bagi kalian semua. Dan juga jika merasa bermanfaat kalian dapat bagikan artikel ini ke saudara atau teman dekat kalian.

Terimakasih.