Laba Apple Tiga Kali Lipat Gabungan Xiaomi, Oppo, dan Huawei?

Kok Bisa? Laba Apple Tiga Kali Lipat Gabungan Xiaomi, Oppo, dan Huawei?

Diposting pada

Laba Apple Tiga Kali Lipat Gabungan Xiaomi, Oppo, dan Huawei?. Perusahaan Apple telah berhasil meraup keuntungan sebesar 62 persen pada kuartal II 2018. Perolehan ini sangat jauh meninggalkan saingannya, Samsung yang meraup 17 persen di kuartal yang sama. Sementara itu, Huawei yang dulu pernah menyalip Apple dalam volume penjualan, jumlah pendapatannya justru tujuh kali lipat lebih kecil dari Apple.

Menurut update Counterpoint Research, jika persentase pendapatan vendor China yang terdiri dai Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi digabung, hasilnya masih tiga kali lipat lebih rendah dibanding Apple. Counterpoint hanya mendata enam vendor terbesar saja, sementara vendor lain hanya mencatatkan keuntungan kurang dari 1 persen. Agresifitas vendor China yang jor-joran meluncurkan smartphone high-end cukup berhasil membukukan keuntungan.

Persentase keuntungan yang diperoleh Apple sebesar 62 persen menunjukan jumlahnya sebesar 6 miliar dollar AS (sekitar Rp 89 triliun). Dihimpun dari berbagai sumber, Apple membukukan pendapatan untuk iPhone sekitar 30 triliun dollar AS pada kuartal fiskal.

Laba Apple Tiga Kali Lipat Gabungan Xiaomi, Oppo, dan Huawei?

Catatan khusus diberikan  Karn Chauhan pada Samsung yang mengalami penurunan 21 persen akibat lemahnya penjualan flagship Galaxy S9 series. Penjualan flagship tersebut menurun 24 persen pada kuartal kedua tahun 2018, dibandingkan penjualan Galaxy S8 series pada kuartal kedua tahun 2017 lalu. Hal yang sama juga dikatakan Tarun Pathak, yang juga merupakan analis dari Counterpoint Research.

” Laba Samsung di segmen 600-800 dollar AS menurun karena penjualan Galaxy S9 series yang rendah dibanding perkiraannya,”

Pimpin Ponsel Smartphone Kelas Premium

Apple sangat diuntungkan penjualan dari iPhone, yang merujuk ke smartphone berbanderol di atas 600 dollar AS (sekitar Rp.9 Jutaan). Bahkan, ketika permintaan smartphone secara global menurun 1 persen pada kuartal II, penjualan iPhone tetap bagus hingga mencapai pertumbuhan 7 persen dalam skala global.

Laba Apple Tiga Kali Lipat Gabungan Xiaomi, Oppo, dan Huawei?

Disusul vendor China yakni Oppo 10 persen, Huawei 9 persen, Xiaomi 3 persen, dan OnePlus 2 persen. Di segmen smartphone berbanderol 400-600 dollar AS (sekitar 6-9 jutaan), Apple dan Oppo sama-samsa mengunci presentase penjualan di angka 22 persen. Di segmen yang sama, Samsung meraih 16 persen, Huawei 14 persen, Xiaomi 6 persen, dan OnePlus 5 persen.

Sementara untuk ponsel di rentang harga 600-800 dollar AS (sekitar 9-12 jutaan), Apple meraup 44 persen, sedikit lebih banyak dibanding Samsung dengan angka 41 persen. Untuk segmen di atas harga 800 dollar AS, Apple mendominasi perolehan dengan penjualan 88 persen berkat penjualan lini iPhone. Keduanya mendominasi pasar smartphone segmen 9 hingnga 12 jutaan.

Baca Juga: Besarnya Kontribusi Teknologi AI Pada Bisnis Bukalapak (e Commerce)

Entah mengapa Apple yang mempunyai produk yang sangat berkualitas bisa mendapatkan laba yang besar pula. Ada yang mau jelasin sob?

Sekian dari artikel saya, semoga hal yang saya bagikan bermanfaat bagi kalian semua. Dan juga jika merasa bermanfaat kalian dapat bagikan artikel ini ke saudara atau teman dekat kalian.

Terimakasih.