Macam Macam Hosting Yang Perlu Kalian Ketahui

Diposting pada

Macam Macam Hosting Yang Perlu Kalian Ketahui. Proses pembuatan sebuah website belum dapat dikatakan tuntas sebelum website yang kita bangun bisa diakses oleh orang lain. Tahap selanjutnya yaitu kita harus menyewa sebuah tempat hosting agar website kita bisa diakses oleh orang banyak. Banyak hal yang harus kita ketahui dalam memilih tempat hosting. Salah satunya dengan mengetahui macam-macam hosting. Macam-macam hosting dibedakan menjadi 3, yaitu VPS, Shared Hosting, dan Dedicated Server. Berikut perbedaannya:

Macam Macam Hosting Yang Perlu Kalian Ketahui

Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server atau dapat dikenal dengan VPS adalah jenis layanan yang menjadi jembatan antara shared hosting dengan dedicated hosting. Di dalam sistem VPS, satu server masih dibagi untuk beberapa pelanggan. Tapi masih ada bedanya, jika di shared hosting kita berbagi dengan ratusan bahkan ribuan pelanggan, di VPS kita hanya berbagi dengan beberapa orang saja.

Di VPS, kita diberikan sebuah layanan virtual machine atau sistem komputer virtual di mana kita memiliki sistem sendiri(privat). Contohnya jika kita mengikuti analogi Windows di atas, VPS ini seperti virtual machine yang ada di aplikasi, misalnya VirtualBox atau VMWare. Sistem yag kita dapatkan betul-betul sistem yang utuh di mana kita bebas untuk memasang aplikasi apa saja (bahkan memformat sistem) karena apa yang kita lakukan tidak berpengaruh terhadap pelanggan lain.

Kelebihan yang dimiliki oleh VPS ini harus dibayar dengan harga yang lebih mahal dibanding shared hosting. Untuk paket VPS yang paling murah berkisar di 100 ribuan sampai 1 jutaan.

macam macam hosting

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan jenis hosting yang umumnya dipakai untuk website pribadi(blog), sekolah, profil perusahaan(company profile), organisasi, atau toko online menengah ke bawah. Jenis ini merupakan hosting dengan biaya paling murah. Tersedia pilihan paket layanan seharga belasan ribu per bulan.

Kok biayanya sangat murah? Hal ini dikarenakan kita berbagi sistem dengan ratusan atau ribuan pengguna lain. Dengan dibaginya sistem server dengan banyak orang, harganya pun bisa lebih murah. Namun, karena dibagi dengan begitu banyak pelanggan, terkadang performa website kita akan menurun juga karena bertambahnya jumlah pengguna dan meningkatnya operasi yang dilakukan oleh web kita.

Baca Juga: 5 Aplikasi Code Editor Buat Ngoding di Android

Dedicated Server

Jika shared hosting dan VPS masih berbagi layanan dengan pengguna lain, maka sebuah dedicated server benar-benar memberikan satu komputer privat untuk kita pakai sebagai tempat menyimpan sistem websitenya. Karena yang kita dapatkan adalah satu komputer layanan utuh, maka kita memiliki kebebasan yang sebebas-bebasnya untuk mengelola bagaimana server ini bisa menjadi rumah buat website kita.

Karena dedicated server betul-betul komputer layanan utuh, maka performa yang dihasilkan jauh melebihi VPS apalagi shared hositing. Biasanya website yang menggunakan dedicated server  adalah website yang sudah memiliki pengunjung/pelanggan yang sangat besar dengan banyak operasi.

 

Web hosting adalah faktor yang penting untuk membangun sebuah website. Salah pada pemilihan web hosting bisa berakibat fatal. Maka pilihlah web hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong kalian ya sob!

Sekian dari artikel saya, semoga hal yang saya bagikan bermanfaat bagi kalian semua. Dan juga jika merasa bermanfaat kalian dapat bagikan artikel ini ke saudara atau teman dekat kalian.

Terima Kasih